Jumat, 15 Agustus 2014

ESPT 23-26 TERBARU (UPLOAD JULI 2014)

Berdasarkan Change Log, eSPT ini terdapat perubahan, yaitu Perubahan Minor terhadap kolom NTPN (Alphanumeric). Perubahan ini untuk memperbaharui model NTPN yang dahulunya hanya terdiri dari Angka/Numeric saja (0-9). Sekarang dapat terdiri dari Angka dan Huruf secara acak, yaitu A-Z dan 0-9.

Berhasil didownload dari http://www.pajak.go.id/sites/default/files/espt/Patch23-26.rar. Ukuran file hanya 1,63MB. Avira memblokir download-an dengan Security Alert "Patch23-26.rar containing the virus or unwanted program 'DR/Setty.G' was blocked". Jadi terpaksa di-Non Aktifkan dahulu antivirusnya baru bisa dibuka hasil download-annya.



Setelah saya jalankan Patchnya langsung dari program Winrar dan berhasil, kemudian ditutup Winrarnya, lalu menjalankan Program eSPT 23 yang baru, alhasil setelah berhasil Login, semua Menu eSPT 23 tidak merespon baik itu Menu Program, SPT PPh, SPT Tools, Utility, maupun Help.

Karen hal tersebut, saya instal ulang eSPT 23-26 dengan sebelumnya database telah saya ganti nama dengan nama perusahaan (sehingga tidak akan tertiban dengan file database kosong hasil Instal Ulang). Setelah instal ulang, eSPT 23-26 kembali normal namun dengan masih versi lama.

Kemudian saya merename file execute Induk eSPT 23-26 agar ketika menjalankan Patch.exe, tetap ada file eSPT 23-26 lama dan yang baru.


Setelah Patch dengan versi terbaru, ternyata "Not Responding" terjadi lagi baik versi lama maupun versi baru. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa kekeliruan bukan pada file Execute eSPT 23-26, namun hal lain. Setelah saya flashback dan mengamati proses Patching, Disini terdapat setidaknya 3 Proses, yaitu mereplace file execute eSPT 23-26, mengunregister file *dll, lalu meregister kembali file *.dll dengan alamat regdll.

Darimana saya tahu?, Karena setelah mempatching, sebenarnya tidak langsung saya gunakan, tetapi saya mempatching juga eSPT 21 karena Upload di www.pajak.go.id-nya bersamaan Juli 2014 yang ketika saya iseng-iseng lihat ESPT dan download. Yang saya gunakan lebih dahulu adalah eSPT 21 dan terjadi masalah ketika membuat file CSV Error saat membuat file csv (eSPT 21 2014). Lalu mengecek alamat *.dll tersebut di Registry.


Untuk hal tersebut di atas. Sebenarnya dimana kesalahan saya dan bagaimana seharusnya?
Akan lebih panjang ceritanya jika saya lanjutkan. Namun berikut di bawah ini kesimpulannya.

Untuk Patch versi ini ada 2 cara yang dapat dilakukan:
Cara pertama:
1. Extract terlebih dahulu seluruh isi Patch23-26.rar
2. Hasil Extractnya wajib dialamatkan pada alamat yang tidak ada spasinya, misalnya "D:\Patch23-26" atau "D:\Pajak", dll. Tidak boleh ada spasi misalnya "C:\Program Files\DJP\eSPT PPh 23-26" ini ada spasinya, hindari.
3. Jalankan Patch.exe hasil extrakan.
4. Selesai. eSPT dapat digunakan kembali dengan versi terbaru.

Cara kedua:
File update didalam Patch23-26.rar sebenarnya hanya ada 3 file terbaru (bisa dilihat pada modified date file), sisanya file tersebut tidak ada perubahan. Jadi 3 File penting saja yang kita perlukan:
1. SPTPPhMasa23.exe File ini tiban/replace-kan saja ke alamat "C:\Program Files\DJP\eSPT PPh 23-26".
2. ReportPPhMasa23.dll File ini tiban/replace-kan saja ke alamat "C:\WINDOWS\system32".
3. SPTPPhMasa23.dll File ini tiban/replace-kan juga ke alamat "C:\WINDOWS\system32".
4. Selesai. eSPT dapat digunakan kembali dengan versi terbaru.

Jika ketika download sudah langsung menjalankan Patch.exe dari WinRar, maka hasil extrak akan ada di folder Temp, yang mana setelah Program WinRar tersebut  ditutup, folder Temp/regdll langsung terhapus. Jadi ketika eSPT 23-26 dijalankan kemudian Login, lalu kita mengklik Menu, eSPT 23-26 akan mencari file pendukung (*.dll) melalui Registry, ketika tidak ditemukan file *.dll tersebut maka eSPT 23-26 tidak dapat merespon untuk menampilkan Menu.

Jika sudah terlanjur demikian maka bisa ditempuh instal ulang eSPT 23-26 (sebelumnya backup database dulu ya) lalu lanjurkan cara kedua atau dapat menempuh cara pertama saja diatas.
Ketika instal ulang, semua file *.dll tersebut akan ditempatkan di "C:\WINDOWS\system32". Jadi ini hanya mengenai alamat register *.dll pada registry saja.

26 komentar:

  1. tq gan..mantap solusinya, sy coba pakai cara yg pertama. File extractnya saya simpan c:\patch\ dan setelah saya patch sy jalankan espt nya dan berhasil semua menu bisa di klik. Thanks..

    BalasHapus
  2. Ty bro, sangat membantu sekali. sy pakai cara yg pertama. Awalnya sempat bingung, knp semua Menu eSPT 23 tidak merespon baik itu Menu Program, SPT PPh, SPT Tools, Utility, maupun Help. Setelah googling akhirnya sy menemukan Anda dan sy coba berhasillll...

    BalasHapus
  3. saya coba download dari link di atas tapi kenapa corrupt terus ya? saya coba dl dari pajak.go.id juga sama. sudah di disable antivirusnya tetap sama. mohon pencerahannya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download menggunakan aplikasi Download Manager.
      Salah satu contoh adalah IDM (Internet Download Manager).
      http://www.internetdownloadmanager.com
      Salam

      Hapus
  4. gan, saya coba cara pertama, setelah saya buka espt nya kok menu2 jasa2 nya belum update ya masih yang lama (terakhir jasa tata boga) tidak ada jasa tambahan lainnya, terus saya coba cara ke dua dan saya buka espt nya ternyata masih sama dan belum update, gimana kira2 solusinya ya gan, mohon bantuannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buka link ini http://asalalaspajak.blogspot.co.id/2015/09/patch-e-spt-masa-pph-pasal-23-26-versi.html#more

      Hapus
  5. gan, bener-bener terima kasih banyak. Blog ini sangat membantu banget!!
    gan, ada cara-cara untuk espt pasal 4 ayat 2 ga ? Karena ada error juga pada waktu update alphanumeric.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini espt 4(2) belum ada update lagi.
      Untuk espt 4(2) pada pengisian ntpn, bisa dicopy-pastekan dari aplikasi lain ataupun diisi dengan 0 semua atau sisanya saja 0 jika meminta 16 digit, tidak masalah karena memang keterbatasan aplikasinya.
      Salam

      Hapus
  6. gan, mau nanya cara masukkin ntpn yg terdiri dari huruf dan angka 16 digit ke espt pph 23 gimana yaa ?? soalnya di espt 23 kan ntpn nya hanya angka saja yang bisa dimasukkan, sementara saya dpt ntpn dari ebilling nya berupa huruf dan angka.

    terima kasih

    salam,
    andri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengisian ntpn, bisa dicopy-pastekan ke espt dari aplikasi lain (ms.office seperti word, excel, dll) ataupun diisi dengan 0 semua, atau sisanya saja 0 jika meminta 16 digit, tidak masalah karena memang keterbatasan aplikasinya.
      Salam

      Hapus
  7. mas mau tanya, saya kan sudah mengikuti semua langkah yang ditulis diatas baik tahap pertama dan kedua, tetapi program e spt yang terbaru terjadi error saat membuat spt pph pasal 23. tulisannya bilang tidak bisa membuat objek. itu kira" kenapa ya? mohon pencerahannya.

    Amanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw windowsnya windowsXP, 7 ato 8?
      Kemungkinan ada file yang kurang.
      Atau sudah coba jalankan dengan hak administrator?
      Jika tidak berhasil juga..Coba instal ulang dari versi awalnya namun backup databasenya dulu ya (tdk perlu backup jika database sdh direname) kemudian jalankan versi awal tersebut, jika berhasil lanjutkan dengan Patchnya dengan cara 1 atau 2.

      Hapus
  8. windowsnya xp mas. kerika menjalankan patch.exe di extract-an yang baru, dia tertuju ke espt yang lama . pas mau dirubah di espt program yang baru dia error.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya, coba uninstal dahulu espt 23nya (backup databasenya dahulu), baru instal ulang Bu.

      Hapus
  9. Terima kasih. Solusinya benar-benar jitu. Program pajak ini jalan di windows 7 64 bit. Saya pakai cara kedua. Karena Windowsnya 64 bit, maka file-file yang disebutkan tadi diletakkan di folder C:\Windows\SysWOW64.

    BalasHapus
  10. maaf oot, saya sudah instal espt pph 23, tapi tiba-tiba data spt januari dan februari 2016 tidak ada di list spt, apakah karena espt PPN update? apakah ada pengaruhnya? bagaimana memunculkannya kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada pengaruhnya. Mungkin ada dihalaman ke-2nya Pak.

      Hapus
  11. Menunya sudah bisa tapi buntu ditengah jalan , misalnya tidak bisa buka SPT baru, terus saya perhatiklan dengan database yang sama data base SPT yang tersedia hanya sd Juni 2016 padahal saya sudah mengerjakan SPT sd Agustus 2016

    BalasHapus
  12. oh ya saya mau menambahkan .... cara yang saya pakai adalah cara kedua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tidak berhasil juga..Coba instal ulang dari versi awalnya namun backup databasenya dulu ya (tdk perlu backup jika database sdh direname) kemudian jalankan versi awal tersebut, jika berhasil lanjutkan dengan Patchnya dengan cara 1 atau 2.

      Hapus
  13. Salam,program E-SPT 23/26 saya terdapat error clsekspor1706 the parameter is incorrect (error saat bual lapor data csv)
    FYI, SPT yg digunakan versi 1.0 30112009

    BalasHapus
  14. mas mau tanya, kmrin saya sempet mengcopy paste file database yang di folder virtual doc ke folder database tempat eSPT asal. tapi setelah itu kenapa aplikasi eSPT PPh 23, PPh 4(2) nya jadi suka not responding ya? padahal sudah saya download lagi aplikasi yang terbarunya tettap masih not responding (lemot)
    mohon advicenya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya jika hanya copy pasti, tidak akan membuat aplikasi lemot apalagi not responding, bahkan folder database hilang.
      Mungkin saja karena ada file pendukung aplikasi (*.dll) yang hilang/terhapus.
      Iya, coba uninstal/instal ulang, mohon perhatikan databasenya dibackup atau rename dulu jangan sampai ketiban.

      Hapus